Mengapa?
// a blog from a child from tabek sarojo
Warna hijau! dalam sepakbola warna hijau menyatu dengan warna rumput di lapangan. Terlihat jarang sekali klub papan atas yang menggunakan warna hijau sebagai kostum utama atau kandang mereka. Jikapun ada, seragam tersebut akan dikombinasikan dengan warna lain untuk seragam kandang, warnanya juga kebanyakan hijau dengan nuansa agak gelap, sedangkan untuk seragam yang dominan dengan warna hijau, biasanya seragam tersebut digunakan ketika tanding tandang (seragam kedua) atau menjadi pilihan ketiga/keempat terkadang (edisi spesial, terbatas atau perayaan tertentu).
Untuk tim nasional sendiri, beberapa yang terkenal menggunakan warna hijau sebagai seragam utamanya adalah Nigeria (terkadang dipadukan dengan putih, serupa benderanya). timnas Nigeria sendiri pun dipanggil dengan sebutan "Elang Hijau" sebagai julukan tak resminya.
Berikutnya Kamerun, yang dulu sempat menggunakan kaus tanpa lengan dan ketat yang menuai kontroversi dan hukuman dari FIFA. perpaduan warna seragamnya adalah dominan hijau ditambah warna merah dan kuning (sama dengan warna bendera juga).
Senegal memiliki jersei full dominan hijau untuk warna jersei tandang/kedua. Sama seperti Senegal, Aljazair juga memiliki jersei kedua hijau dengan sedikit nuansa putih, sedangkan jersei utama negara mereka adalah kebalikannya, warna putih dengan nuansa hijau. Selain itu terdapat juga nama Afrika Selatan, Zambia, Maroko, Togo dan lain sebagainya di benua Afrika yang menjadikan warna hijau sebagai salah satu pilihan warna jersei, entah itu hanya sedikit seperti pada motif, sebagian seperti pada warna celana, ataupun hampir keseluruhan.
Untuk negara Eropa terdapat nama Irlandia dengan julukan "the Boys In Green" dan Irlandia Utara pun juga demikian punya julukan hijau juga, "Green And White Army".
Negara lain yang identik dengan warna hijaunya adalah timnas Mexico dan Bolivia.
Timnas Indonesia
Persebaya, PSS Sleman, PSMS Medan, Persikabo 1973 (sebelumnya PS TIRA Persikabo)
Sedangkan untuk liga Eropa sendiri berikut datanya:
Portugal Primeira Liga = Sporting Lisbon
Rio Ave
Austrian Football Bundesliga = Rapid Wien
Belgian First Division A = Cercle Brugge klub tetangga sekota Club Brugge
Bulgaria First Professional Football League =
Ludogorets Razgrad
Hungarian National Championship = Ferencváros
Israeli Premier League = Maccabi Haifa
Prancis Ligue 1 = Saint-Étienne
Nantes seragamnya mirip-mirip dengan Norwich
Russian Football Premier League = Lokomotiv Moscow
Scottish Premiership = Glasgow Celtic
Hibernian
League of Ireland Premier Division = Shamrock Rovers
Spanyol La Liga = Real Betis
Elche
Inggris - Premier League
Untuk musim depan sayangnya tidak ada, karena Norwich City (seragam dominan warna kuning diselingi nuansa hijau) degradasi musim ini. Plymouth Argyle (League One)
https://id.quora.com/Mengapa-di-Liga-Utama-Inggris-tidak-ada-klub-yang-memakai-jersey-utama-berwarna-hijau/answer/Axel-Adriel?ch=10
Jerman - Bundesliga
VfL Wolfsburg (hijau terang)
Werder Bremen
FC Augsburg
Greuther Furth (degradasi)
Borussia Mönchengladbach
Superleague Greece =
Panathinaikos
Italia - Serie A
Hanya ada satu tim yang menggunakan warna hijau dominan sebagai seragam kandang yaitu Sassuolo (kombinasi hitam dan hijau). Selebihnya ada Lazio (hijau neon) dan beberapa tim lain yang mengubah warna seragam keduanya (tandang) seperti Inter Milan, Juventus, Atalanta dsb.
Sejak Italia membuat peraturan pelarangan penggunaan seragam hijau, maka otomatis seragam dengan warna hijau akan semakin sulit ditemukan. Kecuali jika warna hijau adalah memang seragam utama tim (seperti seragam Avellino yang bermain di Serie C) atau warna hijau tidak dominan (seperti pada seragam Venezia), atau digunakan oleh kiper. Alasannya agar penonton lebih nyaman ketika menyaksikan pemain yang bertanding, agar kontras warnanya dengan warna rumput, dan juga agar bisa lebih mudah membedakan mana wasit dan pemain (baju wasit Italia terkadang berwarna hijau).
Beruntung bagi Sassuolo yang tak terkena dampak dari pelarangan tersebut, karena warna seragamnya: hitam dan hijau (I Neroverdi) adalah sebagai warna utama (kandang). Sassuolo adalah termasuk tim yang masih muda dan bertahan di Serie A setelah promosi pertama kalinya pada musim 2013-14. Sejarahnya seragam Sassuolo didapatkan dari tim Inggris Lancaster Rovers ketika tur pada tahun 1921 di Italia, karena Lancaster tidak dapat memenuhi pertandingan melawan Sassuolo, sebagai ungkapan maaf, Lancaster memberikan kaus mereka sebagai kenang-kenangan.
Belanda Eredivisie =
Groningen
ADO Den Haag
Polandia Ekstraklasa = Lechia Gdańsk
Swiss Super League = St. Gallen
Turki Süper Lig = Alanyaspor
Konyaspor
Çaykur Rizespor
Brazil - Campeonato Brasileiro Série A
Palmeiras = Didirikan oleh para imigran Italia, awalnya klub bernama "Palestra Itália". salah satu klub tersukses di Brazil, rival satu kota mereka adalah São Paulo dan Corinthians
América Mineiro = Seragamnya seperti Sassuolo, strip hitam dan hijau, bedanya hijau Sassuolo lebih gelap.
Goiás = Mempunyai julukan Esmeraldino (Emerald green). Tim yang serupa seragamnya adalah Coritiba dan Guarani
Chapecoense (degradasi) = klub yang dikenal karena mengalami tragedi naas, ketika hampir semua pemainnya meninggal dalam kecelakaan pesawat. Peristiwa duka tersebut terjadi ketika tim akan melawat ke Kolombia, untuk menjalani pertandingan leg pertama final Copa Sudamericana 2016. Julukan klub ini adalah Verdão (Big Green).
Fluminense = Dengan seragam mengandung tiga warna yaitu merah, putih dan hijau.
Kolombia = Atlético Nacional
Meksiko = Club Leon
Awal mula.
Dulu pada umumnya para pengguna internet di Indonesia aktif dalam berforum ria. forum, selain tempat berdikusi juga sebagai tempat tanya jawab, sarana berbagi informasi dan data. baik berupa gambar / foto, musik / lagu, software / program, video / film dsb. baik yang legal maupun ilegal.Sebelum ramainya penggunaan forum, pengguna internet lebih dulu mengenal papan buletin (buletin board) dan milis (mailing list). yang mana kalau sekarang sudah sangat jarang digunakan. cara untuk mengikuti topik diskusi dalam milis adalah dengan memiliki email dan mengikuti milis tertentu, baik yang bersifat umum atau khusus. Yahoo dan Google groups adalah contoh penyedia layanan milis yang dikenal luas.
Tetapi seiring waktu berjalan, konsep diskusi maya berupa milis mulai sepi dan sedikit digunakan. dikarenakan beberapa sebab tentunya, seperti kurang kepraktisannya, kesulitan dalam mengatur tema diskusi yang diminati, kapasitas penyimpanan email yang terbatas dan yang lainnya. kekurangan tersebut lah yang membuat penggunanya perlahan beralih ke forum.
Walau beberapa penyedia layanan forum belum menyediakan tampilan mobile (atau jika pun sudah tersedia fitur dalam software-nya, owner atau admin forum tidak melakukan update). sekalipun ada, tampilannya terasa sulit dan ramai serta kurang sederhana bagi pengguna yang masih baru. apalagi jika disisipi dengan iklan atau widget yang dirasakan kurang perlu. untuk me-load data juga terasa agak berat dan lama, apalagi jika forum tersebut kurang teroganisir oleh admin, dan banyak spammer yang membuat thread.
pada akhirnya semua tergantung dari pihak penyedia layanan forum dan software apa yang mereka gunakan, jika ingin tetap mempertahankan konsep tersebut. jadi tidak semua forum kurang nyaman digunakan, walaupun ada beberapa kekurangan, hal tersebut terkadang dimaklumi oleh penggunanya.
umumnya software penyedia layanan untuk forum adalah seperti bbPress (punya WordPress) Discuz! (bukan Disqus, umum digunakan di negara Tiongkok) MyBB, phpBB, VBulletin dan XenForo. terdapat juga CMS tertentu untuk build forum, digunakan untuk membuat versi light atau forum sederhana biasanya.
Perkembangan.
Contoh platform terbaru yang menggunakan konsep forum yaitu By.U dari Telkomsel. konsepnya forum komunitas di dalam aplikasi (terasa agak lelet jika dijalankan via aplikasi). bagi kontributor yang aktif akan mendapatkan poin dan dapat ditukarkan dengan hadiah atau reward. tampilannya lebih modern dari forum kebanyakan dan menggunakan teknologi software terbaru, untuk forum mereka menggunakan software Vanilla message board link tautannya https://space.byu.id/
Selain itu terdapat juga nama Ngobas (Ngomong bebas asal sedap) forum yang berdiri ketika startup mulai tumbuh di Indonesia, dan forum tsb. masih exist sampai sekarang. forum ini juga berkembang seiring teknologi berjalan.
Selain nama-nama lama seperti Kaskus, Detik, Indowebster (IDWS). situs-situs berita juga berlahan membuat forum internal komunitas mereka sendiri, seperti Viva, Kompas dsb. terdapat juga forum dengan tema tersendiri untuk pembahasannya, seperti Forum jual beli, Nyit-Nyit (game), berkaitan dengan komputer dan teknologi, hacking (ini banyak komunitasnya), mewakili universitas dan regional daerah tertentu. tapi ada pula forum yang telah dikenal luas pada akhirnya tumbang atau perkembangannya terhenti dan sepi pengguna seperti KafeGaul, Forum Bebas Indonesia (FBI), dan CrowdVoice.
Untuk dapat terus bersaing, tentu perlu adanya penyesuaian dengan perkembangan teknologi sekarang. Penyedia layanan paling tidak menuruti dan memperhatikan keinginan konsumen, terutama jika layanan tersebut mencari keuntungan. tak sebatas untuk berbagi atau sebagai komunitas semata. perlu adanya update dari segi software yang digunakan, dari segi lain tentu perlu peningkatan dalam penyimpanan database, bandwidth, server dsb, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi developernya. atau bisa menggunakan jasa layanan berbayar yang sudah tersedia. pastinya akan ada selisih harga yang lumayan dan keterbatasan jika skalanya sudah besar.
Jika melihat daftar nama forum-forum yang terkenal di dunia. https://en.m.wikipedia.org/wiki/List_of_Internet_forums beberapa forum memiliki ciri khas, fungsi / layanan unggulan, daya jual tersendiri. seperti halnya Reddit, 4chan, Quora, Stack Exchange / OverFlow, XDA developers. dan jangan lupa, Wikipedia juga memiliki komunitas tersendiri https://id.m.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Warung_Kopi untuk halaman Indonesia dan Reference Desk untuk versi Internasionalnya. dan juga terdapat juga platform wikiHow / wikiHow Id sebagai platform tanya jawab yang agak berbeda dari kebanyakan. (lebih ke tutorial dan dimoderasi lebih ketat layaknya Wikipedia). sedangkan untuk situs seperti eHow HowStuffWorks hanya dapat mencari jawaban / pertanyaan saja, lebih kepada membaca artikel yang telah disajikan.
Beberapa aplikasi perpesanan instan juga mengadopsi konsep serupa forum ini, seperti Discord, Telegram, WhatsApp, Slack, Signal, WeChat, Line. komunitasnya berwujud grup atau channel untuk berdiskusi. Tak lupa juga sosial media juga punya layanan serupa, grup pada Facebook contohnya yang dikenal secara luas (terutama forum jual beli, lowongan kerja, cari teman / jodoh / pacar), walau platform seperti Tumblr, LinkedIn, Pinterest, VK juga punya fitur grup. tapi kurang dikenal luas akan halnya grup Facebook.
Pembahasan.
Sekarang fokus pada intisari judul tulisan, yaitu tentang platform yang menyediakan atau berpusat pada layanan tanya jawab. / Question and Answer (Q&A).
Terdapat tiga metode kategori layanan dalam platform tanya jawab. layanan referensi digital (juga dikenal sebagi referensi virtual), layanan ahli atau pakar (ada yang gratis maupun berbayar) dan layanan tanya jawab sosial berdasarkan komunitas. dan yang akan dibahas dalam tulisan ini masuk dalam kategori terakhir.
Awalnya yang dikenal adalah layanan Ask Jevees yang sekarang berganti nama menjadi Ask.com layanannya bernama "Answer Point". pengguna dapat memilih mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan yang telah ada. layanan ini hadir sepenuhnya pada tahun 1997. Ask.com pada tahun 2010 sempat memulai untuk melanjutkan proyek ini, namun karena persaingan yang kian sengit, proyek ini berlahan berhenti beroperasi.
selanjutnya, raksasa Google juga tertarik untuk membuat layanan serupa. Google Questions and Answers (layanan sudah dihentikan, beroperasi dari tahun 2007-2014). dikenal juga dengan nama Google knowledge search atau Google "Baraza". dan juga pendahulunya Google Answer (layanan berbayar) yang juga bernasib sama, tidak lama beroperasi dan layanan ditutup (2002-2006). kedua layanan tanya jawab Google tersebut kurang populer di Indonesia jika dibanding dengan fitur pencariannya. selain Google, nama besar yang menutup layanan tanya jawabnya adalah: Linkedin dengan LinkedIn Answer (2007-2013) Pinterest juga tercatat pernah mengakuisisi platform Q&A Jelly app, tetapi belum ada kabar terbarunya.
Selanjutnya adalah Yahoo! yang ikut andil ambil bagian dengan platform tanya jawab. Yahoo setidaknya lebih beruntung, dengan nama awal Ask Yahoo! yang kemudian berganti nama menjadi Yahoo! answer layanan tersebut dulu sangat lah terkenal sebagai platform tanya jawab. bagi yang pernah menggunakan tentu memiliki kenangan tersendiri. apalagi yang suka mencari tahu atau bertanya-tanya akan sesuatu. hasil penelusuran Google pun biasanya akan memberikan tautan jawaban dari Yahoo! Answer sebagi hasil penelusuran, jika pertanyaan yang ditanya pernah diajukan dalam Yahoo! Answer sebelumnya. layanan ini diberhentikan baru-baru ini, pada bulan Mei 2021 (16 tahun). Yahoo! berasalan karena layanan ini sudah sepi peminatnya dan mungkin juga sudah sulit bersaing dengan platform tanya jawab lainnya. memang sangat disayangkan sekali jika suatu layanan ditutup, apalagi jika berbasis data. informasi yang terkandung tentu akan jauh berbeda dari pada umumnya. walau ada beberapa pihak yang berupaya untuk mengabadikan jawaban-jawaban dari Yahoo! Answer (archive page), tapi tentu tidak selengkap layanan aslinya. dan perlu diingat juga lewat Yahoo! Answer lah juga platform lain belajar. mulai dari penggunaan sistem poin atau reward, lencana, vote etc. dan platform lain juga belajar dari kekurangan Yahoo! Answer, yang mana kualitas jawaban terkadang tidak selalu baik. ada yang mengandung SPAM, jawaban hoax atau berdasarkan data yang tidak valid, pemakaian bahasa yang digunakan dan lain sebagainya. ataupun kekurangan dari segi penanya, yaitu seperti kurangnya ada moderasi. jadi pertanyaan aneh, konyol , berulang atau yang melanggar peraturan terkadang lulus sensor jika tidak ada yang melaporkan.
Selanjutnya adalah Quora, dikarenakan founder-nya kurang puas dengan layanan tanya jawab yang telah ada sebelumnya (Adam D'Angelo yang juga mantan karyawan Facebook). maka lahir lah Quora pada tahun 2009. untuk Indonesia sendiri baru mengenal luas Quora pada tahun 2018. itu juga dikarenakan Quora meluncurkan versi khusus berbahasa Indonesia. seperti layanan lain, Quora juga mengapresiasi kontributor mereka yang aktif dan terpilih, akan dibayar jika memenuhi syarat sebagai mitra Quora. tercatat Quora sudah memiliki 300 juta pengguna yang terdaftar dalam layanannya (2020).
Quora juga memiliki banyak fitur, penggabungan beberapa fitur yang telah ada dan umum pada platform yang lebih dulu. juga mengadopsi atau memanfaatkan yang telah ada sebelumnya. seperti jawaban anonim, ruang / space dengan topik yang diminati, memiliki layanan beragam bahasa (yang bisa diterjemahkan, sekarang tercatat sudah memiliki 22 bahasa dalam layanannya). dll.
Quora konsepnya juga berupa perpaduan sosial media dan platform tanya jawab, di mana terdapat profil pengguna yang berisi kredensial dan data diri. fasilitas untuk berkirim pesan ke sesama pengguna, following or followers, memiliki algoritme tertentu untuk topik yang ditampilkan pada daftar bacaan di beranda atau sugesti bacaan. etc.
Quora berbasis crowdsourcing, pengguna bisa mengedit pertanyaan yang telah ada jika terdapat kesalahan atau tidak sesuai ketentuan, menggabungkan pertanyaan yang sama, melaporkan jika melanggar peraturan dan lain sebagainya. sistem vote juga ada, upvote untuk mendukung naik konten tersebut, sebaliknya downvote jika tidak. dan sejauh ini Quora adalah platform tanya jawab yang dikenal luas dan dianggap yang "terbaik" (penyempurnaan Yahoo! Answer). moto Quora sendiri adalah BNBR (be nice, be respectful) versi Indonesia-nya adalah BSBPH = bersikaplah sopan, bersikaplah penuh hormat.
Karena berkembang pesatnya industri telepon seluler terutama berbasis Android OS. banyak perusahaan yang membuat aplikasi mobile untuk pruduk mereka. belum lagi perusahaan startup atau rintisan yang terus bermunculan untuk meraih kesuksesan, yang turut ikut berlomba meramaikan industri internet. tak aneh jika dari dalam negeri sendiri mencoba membuat platform aplikasi tanya jawab juga, baik yang bersifat tiga kategori tadi. terutama dalam bidang pendidikan. untuk membantu menjawab PR (pekerjaan rumah) siswa atau tugas mahasiswa, memberi les privat dan layanan lainnya. ada yang dengan fokus pada satu kategori tertentu, misalnya matematika (Photomath, GauthExpert). para penjawab soal tersebut akan dibayar sesuai kesepakatan dari penyedia layanannya, sedangkan penanya akan membayar atau ada opsi berlangganan dengan paket harga yang bervariasi.
Brainly yang berdiri sejak 2009 adalah salah satu pionirnya. perusahaan berasal dari Polandia (Zadane.pl nama awal berdirinya) ini konon telah memiliki 350 juta user terdaftar. dengan banyaknya suntikan dana dari investor, tak heran jika platform lain mencoba berupaya untuk membuat layanan serupa. Brainly tentu dikenal luas oleh guru, siswa maupun wali murid. dalam platformnya yang menerapkan gamifikasi. pada sistem poin; jawaban terbaik dan berkualitas akan mendapatkan poin lebih. dan terdapat juga sistem ranking untuk bersaing menjadi pemberi jawaban terbaik. untuk platform Indonesia telah disesuaikan tingkat pendidikannya seperti kategori pelajaran untuk sekolah SD, SMP maupun SMA.
Untuk kategori dalam negeri, beberapa platform-nya adalah AkuPintar , Kelas Pintar, Kelas Kita, CoLearn dan lain sebagainya.
Untuk yang lebih umum pembahasannya dan tidak terbatas pada beberapa kategori, terdapat nama Symbolic yang mana versi lengkapnya dapat diakses melalui aplikasi seluler, sementara baru tersedia untuk Android. startup yang beralamat di Yogyakarta (sumber alamat dari Playstore) ini juga masih dalam tahap pengembangan sejauh ini.
Selain itu, juga ada Philoit yang mencoba untuk berkembang lebih jauh. menurut wawancara dengan foundernya. arah tujuan Philoit sendiri cenderung lebih ke platform Zhihu dibanding Quora.
Zhihu sendiri sebagai platform Q&A lebih dikenal luas dalam negara Tiongkok, selain Zhihu terdapat juga platform serupa yaitu Baidu knows yang sama menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa pengantarnya. untuk pangsa Korea, terdapat nama Naver Knowledge iN (berdiri sejak 2002)
Serupa dengan Zhihu, Baidu knows dan Knowledge iN, Gutefrage (2006) juga demikian halnya. tetapi bahasa utama dalam platformnya adalah bahasa Jerman. basis penggunanya tentu di negara yang menggunakan bahasa Jerman seperti: Jerman, Benelux, Swiss, Austria. tercatat per Februari 2021, telah lebih dari 94 juta jawaban dan 24 pertanyaan dengan 4.5 juta pengguna harian dalam platform ini.
Untuk forum yang berbahasa Inggris, terdapat nama seperti: Answers.com awal berdiri bernama GuruNet, dikenal juga sebagai wikiAnswer (setelah mengakuisisi perusahaan tsb.) bahasa utama tatap mukanya yaitu bahasa English. jadi kurang diminati oleh warganet Indonesia dan jarang juga muncul pada hasil penelusuran via mesin pencari. Answer.com memiliki sejarah yang panjang dan merupakan pemain lama dalam platform Q&A ini.
Fixya (2005) layanan tanya jawab, tetapi fokus bahasannya lebih ke arah produk konsumer. dari keterangan yang didapat dalam situsnya, terdapat lebih dari 20 juta pengguna terdaftar dan 19 juta produk yang dapat dicari informasinya. walau bahasa pengantar dalam platformnya berbahasa Inggris, tetapi ketika melakukan pencarian. hasilnya juga terdapat tanya jawab dengan bahasa lain.
Untuk layanan kesehatan, HealthTap (2010) yang dikenal secara luas. pengguna dapat mengajukan pertanyaan yang mana nanti akan dijawab oleh dokter yang memiliki kompeten di bidang kesehatan, layanan ini tersedia pada versi web, android dan iOS. layanannya seperti membuat janji untuk konsultasi, atau menghubungi dokter secara online. HealthTap sendiri mengklaim telah memiliki layanan di 170 negara. untuk skala nasional sudah banyak platform serupa, apalagi sejak pandemi covid 19. seperti HaloDok, AloDokter, YesDok, KlikDokter dll.
Stack Exchange mempunyai banyak jaringan diskusi tanya jawab, yang paling terkenal adalah Stack Overflow SuperUser dan Ask Ubuntu. Bagi programmer dan developer umumnya Stack Overflow (berdiri pada tahun 2008) adalah situs yang sering dikunjungi. baik untuk bertanya atau pun menjawab pertanyaan yang telah ditanyakan. baik dari level pemula maupun pro, beragam bahasa pemrograman dari Assembly hingga YAML dapat dijumpai. hingga 2021, tercatat telah terdaftar 14 juta pendaftar dalam platform ini. dengan rincian 21 juta pertanyaan dan 31 jawaban sejauh ini. Stack Overflow juga adalah sebagai jembatan penghubung antara pengembang dan perusahaan yang membuka lowongan kerja.
Pada tahun 2010-an pernah trending sebuah platform tanya jawab yang berasal dari Latvia yaitu Ask.Fm banyak publik figur, orang terkenal dulu yang menggunakannya (mungkin alternatif sosial media lain selain Twitter sebagai hiburan). pertanyaan dan jawaban mengarah dua sisi, bukan ke arah diskusi. atau pengguna juga bisa memilih menjawab pertanyaan harian yang diajukan. sebagai pengirim pertanyaan, dapat mengatur dirinya sebagai anonim. karena konsepnya hiburan dengan menggabungkan sosial media, pertanyaan yang diajukan tidak lah berat. dan jawabannya juga pun demikian.
untuk publik figur layak nya pertanyaan penggemar dengan tokoh favoritnya. selain itu dari AskFM (dan Twitter) juga lah istilah PAP (post a picture) mulai dikenal luas oleh netizen Indonesia (yang sekarang memiliki konotasi negatif). seiring berjalannya waktu, AskFM meredup dengan berapa masalah privasi, cyber bullying, teroris. hingga akhirnya pada tahun 2016 AskFM melakukan rebranding besar-besaran. dengan pengguna terdaftar lebih dari 200 juta, AskFM terus berupaya untuk meningkatkan layanannya. dengan menambahkan fitur, menjalin kerjasama dengan pihak lain (contoh dengan menggunakan AI untuk mendeteksi konten yang melanggar).
untuk sekarang AskFM sepi peminatnya di Indonesia, selain karena iklan yang terasa menganggu mungkin faktor banyaknya saingan juga sebagai pemicu AskFm sulit bersaing untuk saat ini. untuk sekarang AskFM lebih fokus terjun pada bisnis mata uang Kripto (berupa token dsb.) dan menerapkan kebijakan paywall agar pengguna mendaftar untuk melihat konten yang ada dalam platformnya.
Sebagai alternatif AskFM atau platform berkonsep gabungan tanya jawab dan sosial media serta anonim, terdapat nama-nama seperti Tellonym Secreto (viral di Indonesia).
Penutup.
Jika dilihat, forum atau platform tanya jawab memiliki beberapa fitur tradisional yang biasa digunakan (walau tidak semua, ada yang menerapkan ada yang tidak dan ada pula yang mengadaptasi) contohnya:
Vote atau Like / Dislike, bisa up (naik) atau down (turun) seperti yang dipunyai Reddit
Edit, baik mengedit jawaban atau pertanyaan. serupa dengan fitur Wiki. contoh yang menggunakan Quora dan Stack Overflow.
Points atau reputasi, akan mendapatkan point sesuai dengan kebijakan platform tsb. atau bisa juga berkurang (jika melanggar peraturan) dan ditukarkan dengan reward hadiah. sistem poin bisa juga diberlakukan pada misi tugas, biasanya reward berupa unlock fitur atau hak akses lebih.
Badge, untuk pengguna terpilih atau yang memiliki jasa atau pengaruh terhadap platform ybs biasanya akan mendapatkan lencana. bisa juga lencana ini untuk pengguna yang terverifikasi profilnya.
Bentuk platform Q&A sendiri bermacam, ada yang berpenampilan seperti forum dan ada juga yang memiliki UI ciri khas tersendiri. tujuan utama kebanyakannya tentu saja untuk mencari keuntungan. baik dari segi menjual jasa layanan, suntikan modal investor jika layanan tersebut dikenal luas, lewat iklan, kerja sama antar perusahaan atau lembaga pendidikan, survei, riset dan banyak hal lainnya. walau ada yang masih bertahan, ada yang berhenti beroperasi dan ada juga yang baru memulai.
Tulisan ini buru-buru dibuat di penghujung tahun, agar paling tidak di tahun 2021 ini ada jejak tulisan di dalam blog ini. penulis juga masih dalam proses banyak belajar dalam menulis (setelah belasan tahun blog ini dibuat). tulisan ini ditulis hampir seminggu dan biasanya dimulai lewat tengah malam, dengan rujukan kebanyakkan bersumber dari Wikipedia. jika ada kesalahan, baik dalam penulisan ataupun informasi silakan tinggalkan komentar, penulis mengucapkan terima kasih sebelumnya.
si kucing mata biru, gua suka kucing nya :3
cover nya mengena ama judul album nya, tentang keruwetan komputer :P
liat gambar cover nya, jadi ingat baju lebaran dulu :)
salah satu masterpiece om iwan, cover nya mewakili lagu nya.
kakak beradik nancy dan ann wilson, saat muda nya :)
wild west, cowboy mau ronda :P
kayaknya nih photo kecelakaan waktoe tempoe doeloe
personel queen jadi karakter kartun, badan gede kaki nya kecil :))
jim morrison seakan masih hidup kalau liat cover ini!
bayangan manusia lagi terbang atau jatuh?
kesan nya lagi nungguin pemain tambahan apa tukang ngocokin kartu!
karikatur nya steve tyler yang paling bahenol LoL
biru, kuning dan merah dan ada kumpulan photo personel the police
gambar karikatur + photo,unik...
anak hilang di las vegas, bingung nyari mak nye :)
wkwkwkwkwkwk.... my sweet honey <3
abstrak, photo nya ngeblur and ngewarp
serem, tapi kreatif. kepala makan kepala :P
salah satu karya terbaik terbaik dewa 19
jadi ingat waktu sd dulu, nyanyi lagu jamrud di depan kelas :P
mirip puzzle belah ketupat :P
gabungan photo personel led zeppelin ama tentara perang dunia ke 1
rambut nya kaya coretan, tampak klasik
saying hello world!, nightmare :))
si cewek kelaparan, gokil...
kunci nya tembok berlin mungkin :P
keren, motif nya koran. headline nya judul lagu.